Beberapa definisi PR (Public Relations) !
Berikut kumpulan pengertian
Public Relations dari berbagai pakar yang berhasil di kumpulkan :
1. Edward L. Bernays
PR memiliki tiga pengertian :
1. Memberi penerangan kepada masyarakat.
3. Usaha-usaha mengintegrasikan sikap dan tindakan dari
permasalahan dengan masyarakat dan
dari masyarakat
terhadap permasalahannya.
2.
The British
Institute of Public Relations ( IPR )
Public Relations adalah keseluruhan upaya yang terencana dan
berkesinambungan untuk menciptakan dan memelihara saling pengertian antara
suatu organisasi dengan seluruh khalayaknya.
3.
Jeffkins
& Daniel Yadin
Public Relations adalah sebuah system komunikasi untuk menciptakan
niat baik.
( Public Relations is a system of communication to create goodwill ).
4.
Betrand R. Canfield
Public Relations adalah falsafah dan
fungsi manajemen yang diekspresikan melalui kebijaksanaan dan kegiatan-kegiatan
untuk melayani kepentingan publik, melakukan kegiatan komunikasi bagi publiknya
untuk menciptakan pengertian dan goodwill dari publiknya.
5. Howard
Bonham
Public relations adalah suatu seni untuk
menciptakan pengertian publik secara lebih baik, sehingga dapat memperdalam
kepercayaan publik terhadap seseorang atau sesuatu organisasi/badan.
6. M.O
Palapah dan Atang Syamsudin
Public Relations adalah suatu bentuk
spesialisasi komunikasi
yang bertujuan untuk memajukan saling mengerti dan bekerjasama antara semua
publik yang berkepentingan guna mencapai keuntungan dan kepuasan bersama.
7.
W. Emerson
Reck
Public Relations adalah kelanjutan dari
proses penetapan kebijaksanaan, penentuan pelayanan – pelayanan dan sikap yang
disesuaikan dengan kepentingan dari orang – orang atau golongan, agar orang
atau lembaga itu memperoleh kepercayaan dan goodwill
dari mereka. Pelaksanaan kebijaksanaan pelayanan dan sikap adalah untuk
menjamin adanya sikap pengertian dan penghargaan yang sebaik – baiknya.
8.
CUTLIP, CENTER, dan BROOM
Public
Relations adalah fungsi
manajemen yang membangun dan mempertahankan hubungan yang baik dan bermanfaat
antara organisasi dengan publik yang mempengaruhi kesuksesan atau kegagalan
organisasi tersebut.
9.
Onong Uchjana Effendy
Public Relations adalah komunikasi dua
arah antara organisasi dengan publik secara timbal balik dalam rangka mendukung
fungsi dan tujuan manajemen dengan meningkatkan pembinaan kerja sama dan
pemenuhan kepentingan bersama.
10.
John E. Marston
Public Relations adalah kegiatan
komunikasi persuasif dan terencana yang didesain untuk mempengaruhi publik yang
signifikan.
11.
Tony Greener
Public Relations adalah presentasi
positif suatu organisasi kepada seluruh publiknya.
12.
GRUNING dan HUNT
Public
Relations adalah manajemen
komunikasi antara organisasi dengan publiknya.
13.
Webster’s
News World Dictionary
Public Relations adalah Hubungan dengan
masyarakat luas, seperti melalui publisitas; khususnya fungsi-fungsi koperasi,
organisasi, dan sebagainya yang berhubungan dengan usaha untuk menciptakan
opini publik dan citra yang menyenangkan untuk dirinya sendiri.”
14.
Rex.F.Harlow,
(1900-1976)
Public Relations adalah fungsi manajemen
tertentu yang membantu membangun dan menjaga lini komunikasi, pemahaman
bersama, penerimaan mutual dan kerjasama antara organisasi dan publiknya.
15.
Public
Relations News
Public Relations adalah fungsi manajemen
yang mengevaluasi sikap publik, mengidentifikasi kebijakan dan prosedur
individual dan organisasi yang punya kepentingan publik, serta merencanakan dan
melaksanakan program aksi dalam rangka mendapatkan pemahaman dan penerimaan
publik.
16.
Joye
C.Gordon
Public Relations adalah Taksiran diri
dan Simbol dalam Interaksi berdasarkan pilihan yang lain.
17.
J. C. Seidel
Public Relations adalah proses yang
berkelanjutan dari usaha-usaha manajemen untuk memperoleh itikad baik dan pengertian dari
langganannya, pegawai, dan publik umumnya ke dalam dengan mengadakan analisis dan
perbaikan terhadap diri sendiri, keluar dengan mengadakan
pernyataan-pernyataan.
(Public
Relations is the continuing process by which management endeavors to obtain
goodwill and understanding of its customers, its employers, and the public at
large; inwardly through self analysis and corrections, inwardly through all
means of expressions).
18.
Public
Relations World Conference
Public Relations adalah gabungan antara seni dan ilmu
pengetahuan yang memperdiksi kecenderungan, memperkirakan konsekuensi,
memberi saran kepada pimpinan organisasi, dan melaksanakan rencana kegiatan
sebagaimana yang telah ditetapkan untuk melayani kepentingan publik dan
organisasinya.
19.
Maria
Assumpta (2002)
Menurut Maria Assumpta (2002) dalam buku Dasar-dasar
Public Relations: Teori dan Praktek, Public relations adalah
interaksi dan menciptakan opini publik sebagai input yang menguntungkan untuk
kedua belah pihak dan merupakan profesi yang profesional dalam bidangnya karena
merupakan faktor yang sangat penting dalam pencapaian tujuan yang merupakan
kelangsungan hidup organisasi secara tepat dan terus menerus.
20.
Cutlip
(2007:6)
Public relations adalah fungsi manajemen
yang membangun dan mempertahankan hubungan yang baik dan bermanfaat antara
organisasi dengan publik yang mempengaruhi kesuksesan atau kegagalan organisasi
tersebut.
21.
Otin
Baskin, et.al, (1997:5)
PR adalah fungsi manajemen yang membantu meraih tujuan organisasi,
merumuskan filosofi dan memperantarai perubahan organisasi. Praktisi PR berkomunikasi
dengan seluruh publik internal dan eksternal yang terkait untuk membangun
hubungan positif dan untuk menciptakan konsistensi antara tujuan organisasi dan
harapan masyarakat. Praktisi PR mengembangkan, melaksanakan dan mengevaluasi
program organisasi dengan mendorong pertukaran pengaruh dan pengertian antara
bagian-bagian pokok dan publik organisasi.
22.
Allen
H. Center
Public Relations adalah usaha
perencanaan untuk mempengaruhi pendapat menjadi karakter yang baik dan tanggung
jawab pelaksanaan berdasarkan kepuasan komunikasi dua arah antar sesama.
23.
Diane
Ackerman
Public Relations adalah pelatihan
PR direncanakan dan dilakukan usaha yang berkelanjutan dan tetap mendirikan dan
mempertahankan kemauan yang baik dan pengertian satu sama lain diantara
organisasi dan publiknya.
24.
Lawrence
W.Long dan Vincent Hazelton
Public Relations adalah fungsi komunikasi melalui adaptasi organisasi,
mengubah atau membina hubungan dengan lingkungan dengan tujuan bersama-sama
mencapai tujuan dari organisasi.
25.
Drs. Soleh Soemirat, M.S, Drs. Elvinaro
Ardianto, M.Si, (Dasar-dasar Public
relation, 2007, hal.12)
Public Relations
adalah kelanjutan dari proses pembuatan kebijaksanaan, pelayanan, dan tindakan
bagi kepentingan terbaik dari suatu individu atau kelompok agar individu atau
lembaga tersebut memperoleh kepercayaan dan goodwill dari publik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar