Assalamu'alaikum. Warohmatullahi. Wabarokatuhu..

Cari halaman Ini

Kamis, 24 Oktober 2013

Festival Munara Wampasi

Festival Munara Wampasi

Munara Wampasi adalah saat pesta panen laut.  Pada pekan wisata ini bertepatan dengan saat dimana air laut surut, dimana yang biasanya 7- 10 meter menjadi 20 -30 cm di sekitar perairan Pulau padaido. Munara Wampasi berupa pesta panen sejuta ikan yang bersembunyi di balik batu di lahan seluas 10 ha, dimana para peserta dapat bersorak sorai sambil menangkap ikan bersama 2000 –an orang lainnya.


Dengan membawa jubi, tombak dan jaring mereka penuh semangat mengejar dan menangkap ikan di pantai Infendi Adoki. Para peserta saling berebut menangkap ikan, dan sesekali terdengar teriakan semangat dari para peserta sehingga menambah kemeriahan kegiatan menangkap ikan bersama ini.

Adapun antraksi lainnya yaitu Atraksi Apen bayeren yang biasa disebut manusia asbes, adalah atraksi budaya asli suku Biak. Atraksi ini diwariskan turun termurun selama ratusan tahun. Biasanya atraksi ini dilakukan saat masyarakat ingin mengadakan pesta perkawinan atau pesta panen. Atraksinya adalah para anak muda Suku Biak melakukan jalan di atas bara api. Mereka berjalan sambil menata dan menaruh keranjang yang berisi umbi-umbian. Besok pagi umbi-umbian yang sudah matang kemudian disantap bersama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar