Assalamu'alaikum. Warohmatullahi. Wabarokatuhu..

Cari halaman Ini

Kamis, 23 Februari 2017

Brainkig plus, BigKing - sejarah dan manfaat dari komposisinya

SEJARAH BRAINKING PLUS
Penemuan Brainking Plus ini berawal dari seorang dokter ahli Farmakologi bernama dr Irfan Bukhari, PhD; yang merupakan lulusan dari Mallaca University. Beliau memiliki seorang Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) yaitu Autisme & Hiperaktif. Kondisi ini mendorongnya untuk mencari pengobatan bagi anaknya tercinta.

video

Brainking Plus

Sebagai seorang dokter – dr. Irfan Buchari, beliau kemudian mulai melakukan penelitian terhadap penyakit ini dan mencari bahan-bahan alami dengan tujuan untuk mendapatkan formula. Setiap diteliti dan di uji coba. Dipadukan dengan bahan lain, di tes dilihat hasilnya.


Penelitian, pengujian & pengembangan yang terus dilakukan akhirnya membawa dokter Irfan pada sebuah hasil yang menakjubkan, yang kemudian di uji cobakan kepada anaknya sendiri (Autisme & Hiperaktif) yang dideritanya, ia bahkan menjadi cerdas.
Anak dokter Irfan mampu lolos masuk STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara) yang seleksinya cukup ketat. Hebatnya lagi, pada saat yang sama, ia juga di terima di UI & UGM.

Tentu ini adalah sebuah prestasi luar biasa dari seorang anak yang dulunya menderita Autisme & Hiperaktif. Mengingat bahan-bahannya dari formula ini berasal dari alam, & karenanya menjadi sangat aman bagi tubuh karena tidak menimbulkan efek samping, maka Brinking Plus mulai di uji coba kepada pasien-pasien lain.

Bukan hanya kepada anak-anak berkebutuhan khusus seperti autisme, namun juga kepada orang dewasa yang mengalami gangguan kesehatan lainnya. Dan Allhamdulillah, ternyata formula dari Brainking Plus ini memberikan hasil yang sangat menggembirakan. Banyak orang yang mengalami kemajuan & peningkatan kesehatan setelah mengkonsumsi produk ini.

*Kenapa Brainking Multikhasiat ?*

_Mari telusuri manfaat 9 Bahan Brainking ini_

1. *Centella Asiatica. (pegagan)* : 70 mg

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Pegagan

2. *Cinnamomum Burmannii (pohon kayu manis)* : 70 mg

https://info-kesehatan.net/manfaat-kayu-manis-untuk-kesehatan-masyarakat/

3. *Morinda (mengkudu)* : 60 mg

http://manfaat.co.id/manfaat-buah-mengkudu

4. *Aloe vera (lidah buaya)* ; 30 mg

http://manfaat.co.id/manfaat-lidah-buaya

5. *Andrographis peniculata (sambiloto)* : 20 mg

http://www.apoteker.info/Pojok%20Herbal/khasiat_medis_sambiloto.htm

6. *Solacca Edulis Fructus extract (extract buah salak)* ; 0,3 ml

http://repository.ipb.ac.id/jspui/bitstream/123456789/18740/2/Sahputra.%2520Fahrizan%2520Manda_G2008.pdf&ved=0ahUKEwi225DToLDRAhXDgI8KHaCBDGwQFggjMAM&usg=AFQjCNEiOduK-L_v4XvCz_ENXgvY2F1rPg

http://yermei.blogspot.co.id/2012/07/khasiat-dan-manfaat-buah-salak.html?m=1

7. *Pyrus Malus Extract (extract aplle)* ; 03 ml

http://tanamanobat23.blogspot.co.id/2015/06/manfaata-dan-khasiat-buah-apel-pyrus.html?m=1

8. *Mel Depuratum (Madu murni)* : 1 ml

http://taawunherbal.com/blog/manfaat-madu-untuk-kesehatan/?doing_wp_cron=1474524038.0978400707244873046875

9. *Lactobasillus acidophylus (bakteri asam laktat)* : 0.025 ml untuk menstabilkan pencernakan, mencegah tumbuhnya jamur, sorbitol, air murni, tanpa pengawet bahan makanan.

http://www.alodokter.com/lactobacillus-acidophilus

mgkin ad yg bertanya hrgany brapa? Cukup terjangkau, dengan Rp 1.500.000 anda mendapatkan 1 box dgn isi 2pack 20ml/p langsung jd member bigking n free ongkir seluruh Indonesia.
Terasa mahal jika sehat, tpi terasa murah jika sakit.
InshaAllah yg ikhtiar dg produk BK diberi kesembuhan yg sempurna oleh Allah SWT. Aamiin
Untuk info pemesanan ato mau bertanya2, silahkan hub kontak di bawah ini :
Wa : 082239352915 (fast respon)
IG : adhy_indah05
Twitter : indah_budiyani
LINE : adindahdzakir05

Rabu, 22 Februari 2017

Brainkingplus Suplemen Herbal Nutrisi Otak

Brainkingplus Suplemen Herbal Nutrisi Otak

Fungsinya menyembuhkan yg ingin sembuh.
Meningkatkan kinerja otak, memperbaiki sel saraf otak yg rusak dan alhmdulillah dpt menyembuhkan berbagai macam penyakit.
Pertama kita bicarakan tentang Sang penemu. Penemunya seorang dokter Indonesia. Anda percaya? Melakukan pnelitian slama 14 tahun, mencari solusi untk anaknya yg mengidap autisme n hyperaktif. Mari lihat profilny di bawah ini :


Bukti dari manfaatnya? Berikut beberapa testimoni real dr para pengguna. Sebagian kecil aja y.. (lain x diupload lg.hehe)







Nah, tu beberapa testimoni ya,,  mgkin ad yg bertanya hrgany brapa? Cukup terjangkau, dengan Rp 1.500.000 anda mendapatkan 1 box dgn isi 2pack 20ml/p langsung jd member bigking n free ongkir seluruh Indonesia.
Terasa mahal jika sehat, tpi terasa murah jika sakit.
InshaAllah yg ikhtiar dg produk BK diberi kesembuhan yg sempurna oleh Allah SWT. Aamiin
Untuk info pemesanan ato mau bertanya2, silahkan hub kontak di bawah ini :
Wa : 082239352915 (fast respon)
IG : adhy_indah05
Twitter : indah_budiyani
LINE : adindahdzakir05

S E M O G A    B E R M A N F A A T 

Selasa, 25 Oktober 2016

Database konveksi ori - terbukti real menghasilkan

Kalau ada yg bilang BISNIS PIN KONVEKSI ITU MLM ini jawabannya



A : Bisnis pin konveksi MLM ya??
B : km tau gak apa itu MLM?
Dari segi apa km sebut MLM?
Disini gak ada tutup point,gak ada kejar point,gak ada yg namanya bonus dinikmati upline,gak ada seimbang kanan kiri.
Pin konveksi itu bisnis pembuka lapangan usaha karna km bisa punya olshop bisa jual apapun harga pabrik untung banyak.joinnya hanya sekali.






A : JOINT DAPAT APA AJA?
B : joint dapat file usaha
A : Cuma itu? Rugi donk joint gak dapat apa2?
B : HELLOOW ruginya dari mana? Km dapat file usaha bisa buka olshop..Km beli baju di orang aja 1 nya ratusan ribu harga aslinya cuma puluhan ribu berapa banyak uangmu yg melayang? Yg km dapatkan apa? Cuma baju 1?? Lebih rugi yg mana?

Joint bisnis ini cuma keluar uang sekali. Setelahnya uang masuk berapapun km nikmati sndiri.masuk rekeningmu sendiri Punya usaha,bisa belanja super murah bisnisnya bisa dijual jadi uang jutaan ko rugiπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚
Mau tanya2 atau join
Chat ya :
Line adindahdzakir05
FB : AdiNdah OLShop


Sabtu, 22 Oktober 2016

Database Konveksi ori - semakin full anggotanya

Database Konveksi Ori

Setiap hari dibuat senang & bangga dengan testi anggota yg sukses
πŸ˜„πŸ˜˜πŸ˜˜
Happy lah pokoknya





Join disini gak ada ruginya
Cuma modal 250.000

Dapat banyak manfaat:
-belanja murah seumur hidup
-buka olshop untung gede2an
-jual Databasenya untung jutaan tanpa potongan tanpa setoran pula😍😍
Waaaaaaaahhhhh, ,,,,

Dimana ruginya,,??
Dimana tipunya,,???
Dimana modusnya,,???
 πŸ˜„πŸ˜˜
Ni testi reak dr team kami.


Ruginya itu kalau kamu gak join,
kamu lewati peluang emas didepan mata.
Ruginya kalo kmu join dgn Database konveksi yg abal2.


Ayooooooo buruannnn joinnn
Dan dptkn ksmptan dtabok transferan berkali kali setiap hari..

Tunggu apa lagi πŸ˜‰

Chat me now
Line: adindahdzakir05
Wa : 082239352915
Fb : AdiNdah OLShop

[ BUTUH WAKTU UNTUK MENJADI PROFESSIONAL ]

Berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk menjadi seorang dokter spesialis ?

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menjadi seorang pengacara ?

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menjadi seorang pilot ?

Jawaban Anda pasti : bertahun-tahun. Benar kan ?

Selama beberapa tahun, seorang calon dokter harus rela mededikasikan waktunya untuk belajar lebih kerasa dibanding orang lain, untuk praktik lebih banyak dan mengalami ujian lebih banyak.

Belum lagi masa2 koas di pedalaman, lalu menjadi seorang dokter dan perlu beberapa tahun lagi untuk menjadi seorang spesialis.

Coba hitung deh, brp waktu yg mereka investasikan ? Berapa uang yg mereka habiskan ? Tidak semua orang sanggup untuk membayar harga (waktu+uang+pengorbanan) yg harus mereka bayar.

Lalu mengapa mereka mau melakukan hal tersebut ? Karena dibalik perjuangan yg keras, ada keberhasilan yang indah. Saya belum pernah tuh ketemu sama dokter yg hidupnya susah. Hehe..

Gak jauh beda sama bisnis online. Kata siapa bisnis online gak butuh perjuangan ?

Agak berat buat Saya utk bilang bisnis online gak perlu modal. Karena pada faktanya Anda butuh juga investasikan waktu, tenaga dan UANG Anda utk BELAJAR.

Hal2 di atas sering dilupakan orang. Zaman yg serba instan membuat mereka seringkali berpikir segala sesuatu bisa dibuat instan termasuk KESUKSESAN.

Dalam setiap profesi yg menjanjikan hasil, Anda perlu waktu untuk belajar. Gak semua orang suka belajar.

Kalau monyet ditawarin uang atau pisang, monyet pasti pilih pisang. Dia gak tau bahwa uang bisa dipake buat beli pohon pisang.

Kalau manusia ditawarin uang atau ilmu. Banyak yang lebih pilih uang. Mereka gak sadar bahwa ILMU bisa menghasilkan lebih banyak UANG.

So ? Sadarlah kawan, bisnis apapun perlu proses.

Jangan berani-berani bilang : "Saya udah coba bisnis itu, 1 tahun dan Saya gak dapet apa-apa !! "

Anda sekolah kedokteran, selama 1 tahun dan berenti. Lalu Anda bilang ke semua orang : " Saya udah coba tuh jadi dokter, gak berhasil. Saya udah coba belajar 1 tahun loh..!! Gak dapet apa-apa !! "

Gimana reaksi Anda denger orang bilang kayak gtu ? Sekarang bayangkan gmn reaksi seorang dokter spesialis yg sudah menghabiskan waktu 8 tahun utk belajar dan berjuang lalu sukses, dan dia denger pernyataan begitu ? Geli bukan ?

Kamis, 29 September 2016

DATABASE KONVEKSI ORI - GROUP WIKIE


Apa itu pin konveksi ?

Kumpulan pin distributor yg jualan baju, jeans, kaos, celana, baju anak, dewasa, baju syar'i, pashmina, hijab, tas import, lokal, sepatu import, lokal, kosmetik, parfum, dll semua ada Sistem kerja ?

Gampang banget cuma Copy- Paste karna file nya dalam bentuk Word. (BUKAN FOTO) jadi enak bisa langsung copy paste.

πŸ’ Keunggulan ?

harga pabrik langsung dari gudangnya dan kamu bisa jadi supplier mendadak

kamu bisa langsung belanja buat olshop/tokomu karna harga langsung dari pabrik dijamin murah-murah dan untung banyak

Pin konveksi ini bisa di jadiin bisnis, jadi kamu bisa ngejual lagi pin konveksi ini ke temen/keluarga dll. gabakal rugi karna pin konveksi ini banyak yg nyari.

πŸ’ Kak kenapa mahal sih ?

● Pin konveksi ini banyak yg nyari. emasss banget! investasi yg sangat menguntungkan. modal cuma sekali uang ngalir terus tiap hari πŸ‘ YANG JELAS PIN KITA ASLI / REAL. HATI-HATi HARGA MURAH TAPI PINNYA ABAL-ABAL. ⚠


Untuk tanya2 , ORDER dan JOIN MEMBER hubungi kontak dibawah ini.

✏ LINE : adindahdzakir05
✏ IG : adhy_indah05
FB : AdiNdah OLShop


Ini beberapa testimoni dari team kami.



Bisnis booming 2016 MODAL Receh aja kalian udah dapetin paket lengkap: 
πŸ€ 400 Pin Konveksi 
πŸ€ 6000 pin calon cust 
πŸ€ 4000 pin cust 
πŸ€ 80.000 pin BBM 
πŸ€ tips dan trik 
πŸ€ Rahasia 7 juta/hari Dan masih banyak lagiiii πŸ‘ . 
Bisnisnya gampang bangeeet!! Ga ribet sama sekali. Duitnya ngalir lancar asal kamu rajin. Semakin rajin semakin banyak income. Dan juga bakal diajarin sampe bisa dan sukses. Udah banyak banget yang join dan jadi jutawan mudaπŸ™Œ . 
Mau punya banyak uang atau mau bikin atm kamu gendut? Gabung sekarang jugaπŸ‘ . 
Misalnya kamu jual pin konveksi ke reseller 350.000 
350.000 x 7 = 2.450.000/minggu 
2.450.000x 4 = 9.800.000/bulan. 
Cocok buat pelajar, karna kerjanya mudah!! Ga perlu kirim barang ke Jne atau pos, tinggal copy paste ajaaa !

LINE : adindahdzakir05
✏ IG : adhy_indah05
FB : AdiNdah OLShop

Kamis, 15 September 2016

Sistem Reproduksi Manusia (Laki-Laki & Perempuan)

Sistem Reproduksi Manusia (Laki-Laki & Perempuan)

Sistem Reproduksi Manusia (Laki-laki dan Wanita) - Reproduksi pada manusia terjadi secara seksual, artinya terbentuknya individu baru diawali dengan bersatunya sel kelamin laki-laki (sperma) dan sel kelamin wanita (sel telur). Sistem reproduksi manusia dibedakan menjadi alat reproduksi laki-laki dan wanita.


1. Alat Reproduksi Laki-Laki

Alat reproduksi laki-laki terdiri dari alat kelamin bagian luar dan alat kelamin bagian dalam. Alat kelamin bagian luar terdiri dari penis dan skrotum. Sedangkan alat kelamin bagian dalam terdiri dari testis, epididimis, vas deferens, prostat, vesika seminalis, dan kelenjar bulbouretral. Penis merupakan alat untuk kopulasi. Sedangkan skrotum adalah kantung yang berisi dua testis yang menggantung.
 

Skrotum dapat naik dan turun untuk menjaga suhu testis selalu optimum untuk pembentukan sperma. Saat udara dingin, skrotum akan naik lebih dekat ke tubuh sehingga suhunya tetap hangat. Jika udara panas, skrotum turun dan menjauhi tubuh, sehingga suhunya tidak terlalu panas. 

Testis adalah tempat pembentukan sperma (spermatogenesis). Spermatogenesis pada manusia berlangsung selama 2 – 3 minggu. Sel sperma yang dihasilkan testis keluar melalui saluran sperma menuju penis. Di dalam penis terdapat saluran uretra. Selain sebagai saluran sperma, uretra juga berfungsi sebagai saluran urin.
 
Sebelum dikeluarkan melalui penis, sperma mengalami proses pematangan di epididimis. Saluran yang menghubungkan epididimis dengan uretra disebut vas deferens. Selama perjalanan ke uretra, sperma bercampur dengan cairan dari vesika seminalis dan kelenjar prostat yang disebut dengan semen.

Kelenjar prostat menghasilkan cairan yang dapat menetralisir suasana asam dalam vagina sehingga sperma yang masuk dapat bertahan hidup. Vesika seminalis menghasilkan bahan makanan bagi sperma pada saat perjalanan menuju sel telur. Sedangkan kelenjar bulbouretral menghasilkan lendir untuk mendukung kehidupan sperma.

Pada usia remaja (sekitar usia 12 – 13 tahun), umumnya organ kelamin laki-laki telah mampu menghasilkan sel sperma. Biasanya ditandai dengan mimpi dan keluarnya sel sperma (mimpi basah). Sel sperma manusia memiliki panjang ±60 ΞΌm. Dalam satu tetes semen (air mani) terdapat kurang lebih 200 – 500 juta sperma. Sel sperma dapat bergerak aktif karena mempunyai flagela (ekor).

2. Alat Reproduksi Wanita
Alat reproduksi wanita juga terdiri dari alat kelamin dalam dan alat kelamin luar. Alat kelamin bagian luar terdiri dari lubang vagina, labia mayora, labia minora, mons pubis dan klitoris. Sedangkan pada alat kelamin bagian dalam terdapat ovarium, tuba falopii (oviduk), dan uterus (rahim).

Ovarium berjumlah sepasang, merupakan tempat untuk memproduksi sel telur (ovum). Sel telur manusia mempunyai diameter ±0,1 mm. Sel telur ini tidak dapat bergerak aktif karena tidak memiliki alat gerak. Tuba falopii atau oviduk adalah saluran yang menghubungkan ovarium dengan uterus. Sel telur yang dilepaskan dari ovarium diterima oleh ujung tuba falopii yang berbentuk corong (disebut infundibulum). 


Dari tuba falopii, sel telur kemudian menuju rahim. Pembuahan sel telur sering terjadi di tuba falopii ini. Uterus atau rahim adalah tempat melekatnya sel telur yang telah dibuahi oleh sperma. Uterus berupa rongga berotot yang mampu mengembang mengikuti perkembangan embrio. Vagina merupakan saluran akhir dari alat kelamin dalam. Vagina juga menjadi alat kopulasi pada wanita, jalan lahir bayi waktu melahirkan, dan saluran tempat keluarnya menstruasi.

3. Pembuahan dan Perkembangan Embrio

Pada umumnya, setiap 28 hari sekali ovarium melepaskan sebuah sel telur. Pelepasan sel telur ini disebut ovulasi. Ketika terjadi ovulasi, dinding uterus mengalami penebalan sehingga menjadi tempat yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan zigot. Bila sesaat setelah terjadi ovulasi ada sel sperma yang masuk ke saluran telur, maka akan terjadi pembuahan. 


Sel telur yang telah dibuahi disebut zigot. Zigot kemudian membelah menjadi dua sel, empat sel, delapan sel, dan seterusnya sehingga terbentuk embrio atau janin. Beberapa hari setelah zigot menempel di dinding uterus, akan terbentuk sekumpulan pembuluh-pembuluh darah di dinding uterus yang disebut plasenta. Kebutuhan janin dipenuhi dari plasenta dengan perantaraan tali pusat atau ari-ari.

Fungsi plasenta adalah sebagai pelindung janin dari kuman penyakit dan racun tertentu; sebagai pengatur nutrisi dan oksigen bagi fetus dari ibu; dan sebagai jalan pembuangan sisa metabolisme dari janin ke tubuh ibu. Lama kehamilan pada manusia sekitar 266 hari atau 9 bulan lebih 10 hari. Setelah kehamilan mencapai usia tersebut, tibalah saatnya untuk proses persalinan atau kelahiran bayi.

Jika sel telur tidak dibuahi oleh sel sperma, lapisan dinding uterus yang telah menebal akan meluruh bersama darah dan dikeluarkan melalui vagina. Peristiwa ini disebut menstruasi. Umum menstruasi akan terjadi setiap 28 hari sekali, walaupun ada wanita yang mendapatkan menstruasi kurang dari 28 hari dan ada pula yang lebih dari 28 hari. Bagi remaja putri, menjaga kebersihan tubuh sangat penting ketika mengalami menstruasi. Darah haid yang keluar harus ditahan dengan pembalut dan dibersihkan agar tidak menimbulkan penyakit.

Seorang remaja wanita yang telah mendapatkan menstruasi menunjukkan bahwa dia telah mampu menghasilkan sel telur. Dengan kata lain, dia telah siap bereproduksi dan melahirkan bayi. Namun demikian, remaja belum mempunyai kesiapan fisik, mental, dan sosial-ekonomi untuk mendapatkan kehamilan. Oleh karena itu, kamu harus berhati-hati dalam bergaul, jangan pernah terjerumus dalam pergaulan seks bebas dan seks pranikah!


4. Gangguan Sistem Reproduksi pada Manusia
Sistem reproduksi dapat mengalami gangguan atau kelainan. Gangguan ini dapat menyebabkan pasangan usia subur sulit memperoleh keturunan. Oleh karena itu, kamu harus selalu menjaga kesehatan organ-organ reproduksi, sehingga kelak dapat memperoleh keturunan yang sehat. Beberapa gangguan dan penyakit yang berkaitan dengan sistem reproduksi adalah sebagai berikut.

a. AIDS
AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome) disebabkan oleh virus HIV (Human Immunodeficiency Virus) yang menyerang kekebalan tubuh. Penularannya dapat terjadi melalui hubungan seksual, transfusi darah penderita AIDS, jarum suntik yang tercemar, dan ibu hamil kepada anaknya. Tubuh yang terserang virus HIV kekebalannya rusak, sehingga mudah terinfeksi oleh berbagai jenis penyakit yang dapat menimbulkan kematian. Infeksi HIV awalnya tidak menampakkan gejala sakit. Pada tahap berikutnya muncul gejala flu berulang seperti lesu, demam, berkeringat di malam hari, dan otot sakit.

b. Sifilis
Penyakit sifilis sering disebut raja singa. Sifilis bersifat menular dan disebabkan oleh bakteri Troponema pallidum. Penularan dapat terjadi melalui hubungan seksual, transfusi darah, dan kehamilan. Gejala awalnya timbul bisul pada bagian penis laki-laki atau di rahim wanita. Bisul ini tidak menyebabkan rasa sakit dan dapat sembuh dengan sendirinya. 
Gejala selanjutnya muncul lesi di permukaan kulit di seluruh tubuh namun tidak menyebabkan gatal, sariawan di mulut, sakit tenggorokan, demam ringan, dan pembengkakan kelenjar limfa pada lipatan tangan, leher, dan paha. Gejala-gejala ini juga dapat hilang dengan sendirinya. Pada infeksi tingkat lanjut, muncul gejala berupa kerusakan tulang dan sendi, aorta, dan dapat menyebabkan kelumpuhan. Namun gejala-gejala ini dapat dihentikan dengan pengobatan.

c. Gonore
Penyakit gonore disebabkan oleh infeksi bakteri Neisseiria gonokokus dan dapat menular melalui hubungan seksual. Gonore menyerang selaput lendir uretra, leher rahim, dan organ lain. Pada laki-laki, gejalanya adalah terasa sakit saat buang air dan keluar nanah dari uretra. Pada penderita wanita, muncul gejala keluar lendir berwarna hijau dari alat kelamin. 
Namun banyak wanita yang tidak menunjukkan adanya gejala, sehingga penyakit akan berlanjut sampai terjadi komplikasi. Infeksi yang menyebar hingga ke testis (pada laki-laki) dan oviduk (pada wanita) dapat menyebabkan kemandulan. Infeksi yang menyebar ke persendian menyebabkan radang sendi. Bayi yang lahir dari penderita gonore dapat mengalami kebutaan jika tidak segera mendapatkan pengobatan.

Topologi Jaringan Komputer: Pengertian dan Jenisnya

Topologi Jaringan Komputer: Pengertian dan Jenisnya
Topologi jaringan merupakan suatu bentuk/struktur jaringan yang menghubungkan antar komputer satu dengan yang lain dengan menggunakan media kabel maupun nirkabel.
Dalam instalasi jaringan, kita harus benar-benar memperhatikan jenis, kelebihan dan kekurangan masing-masing topologi jaringan yang akan kita gunakan.
Berikut jenis-jenis topologi jaringan beserta kelebihan dan kekurangannya :

1. TOPOLOGI BUS



Topologi bus bisa dibilang topologi yang cukup sederhana dibanding topologi yang lainnya.
Topologi ini biasanya digunakan pada instalasi jaringan berbasis fiber optic, kemudian digabungkan dengan topologi star untuk menghubungkan client atau node.
Topologi bus hanya menggunakan sebuah kabel jenis coaxial disepanjang node client dan pada umumnya, ujung kabel coaxial tersebut biasanya diberikan T konektor sebagai kabel end to end .
Kelebihan Topologi Bus :
  • Biaya instalasi yang bisa dibilang sangat murah karena hanya menggunakan sedikit kabel.
  • Penambahan client/ workstation baru dapat dilakukan dengan mudah.
  • Topologi yang sangat sederhana dan mudah di aplikasikan
Kekurangan Topologi Bus :
  • Jika salah satu kabel pada topologi jaringan bus putus atau bermasalah, hal tersebut dapat mengganggu komputer workstation/ client yang lain.
  • Proses sending (mengirim) dan receiving (menerima) data kurang efisien, biasanya sering terjadi tabrakan data pada topologi ini.
  • Topologi yang sangat jadul dan sulit dikembangkan.

2. TOPOLOGI STAR

Topologi star atau bintang merupakan salah satu bentuk topologi jaringan yang biasanya menggunakan switch/ hub untuk menghubungkan client satu dengan client yang lain.
Kelebihan Topologi Star
  • Apabila salah satu komputer mengalami masalah, jaringan pada topologi ini tetap berjalan dan tidak mempengaruhi komputer yang lain.
  • Bersifat fleksibel
  • Tingkat keamanan bisa dibilang cukup baik daripada topologi bus.
  • Kemudahan deteksi masalah cukup mudah jika terjadi kerusakan pada jaringan.
Kekurangan Topologi Star
  • Jika switch/ hub yang notabenya sebagai titik pusat mengalami masalah, maka seluruh komputer yang terhubung pada topologi ini juga mengalami masalah.
  • Cukup membutuhkan banyak kabel, jadi biaya yang dikeluarkan bisa dibilang cukup mahal.
    Jaringan sangat tergantung pada terminal pusat.

3. TOPOLOGI RING

Topologi ring atau cincin merupakan salah satu topologi jaringan yang menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya dalam suatu rangkaian melingkar, mirip dengan cincin.
Biasanya topologi ini hanya menggunakan LAN card untuk menghubungkan komputer satu dengan komputer lainnya.
Kelebihan Topologi Ring :
  • Memiliki performa yang lebih baik daripada topologi bus.
  • Mudah diimplementasikan.
  • Konfigurasi ulang dan instalasi perangkat baru bisa dibilang cukup mudah.
  • Biaya instalasi cukup murah
Kekurangan Topologi Ring :
  • Kinerja komunikasi dalam topologi ini dinilai dari jumlah/ banyaknya titik atau node.
  • Troubleshooting bisa dibilang cukup rumit.
  • Jika salah satu koneksi putus, maka koneksi yang lain juga ikut putus.
  • Pada topologi ini biasnaya terjadi collision (tabrakan data).

4. TOPOLOGI MESH

Topologi mesh merupakan bentuk topologi yang sangat cocok dalam hal pemilihan rute yang banyak. Hal tersebut berfungsi sebagai jalur backup pada saat jalur lain mengalami masalah.
Kelebihan Topologi Mesh :
  • Jalur pengiriman data yang digunakan sangat banyak, jadi tidak perlu khawatir akan adanya tabrakan data (collision).
  • Besar bandwidth yang cukup lebar.
  • Keamanan pada topologi ini bisa dibilang sangat baik.
Kekurangan Topologi Mesh :
  • Proses instalasi jaringan pada topologi ini sangatlah rumit.
  • Membutuhkan banyak kabel.
  • Memakan biaya instalasi yang sangat mahal, dikarenakan membutuhkan banyak kabel.

5. TOPOLOGI PEER TO PEER

Topologi peer to peer merupakan topologi yang sangat sederhana dikarenakan hanya menggunakan 2 buah komputer untuk saling terhubung.
Pada topologi ini biasanya menggunakan satu kabel yang menghubungkan antar komputer untuk proses pertukaran data.
Kelebihan Topologi Peer to Peer
  • Biaya yang dibutuhkan sangat murah.
  • Masing-masing komputer dapat berperan sebagai client maupun server.
  • Instalasi jaringan yang cukup mudah.
Kekurangan Topologi Peer to Peer
  • Keamanan pada topologi jenis ini bisa dibilang sangat rentan.
  • Sulit dikembangkan.
  • Sistem keamanan di konfigurasi oleh masing-masing pengguna.
  • Troubleshooting jaringan bisa dibilang rumit.

6. TOPOLOGI LINIER

Topologi linier atau biasaya disebut topologi bus beruntut. Pada topologi ini biasanya menggunakan satu kabel utama guna menghubungkan tiap titik sambungan pada setiap komputer.
Kelebihan Topologi Linier
  • Mudah dikembangkan.
  • Membutuhkan sedikit kabel.
  • Tidak memperlukan kendali pusat.
  • Tata letak pada rangkaian topologi ini bisa dibilang cukup sederhana.
Kekurangan Topologi Linier
  • Memiliki kepadatan lalu lintas yang bisa dibilang cukup tinggi.
  • Keamanan data kurang baik.

7. TOPOLOGI TREE

Topologi tree atau pohon merupakan topologi gabungan antara topologi star dan juga topologi bus. Topologi jaringan ini biasanya digunakan untuk interkoneksi antar sentral dengan hirarki yang berbeda-beda.
Kelebihan Topologi Tree
  • Susunan data terpusat secara hirarki, hal tersebut membuat manajemen data lebih baik dan mudah.
  • Mudah dikembangkan menjadi jaringan yang lebih luas lagi.
Kekurangan Topologi Tree
  • Apabila komputer yang menduduki tingkatan tertinggi mengalami masalah, maka komputer yang terdapat dibawahnya juga ikut bermasalah
  • Kinerja jaringan pada topologi ini terbilang lambat.
  • Menggunakan banyak kabel dan kabel terbawah (backbone) merupakan pusat dari teknologi ini.

8. TOPOLOGI HYBRID

Topologi hybrid merupakan topologi gabungan antara beberapa topologi yang berbeda.
Pada saat dua atau lebih topologi yang berbeda terhubung satu sama lain, disaat itulah gabungan topologi tersebut membentuk topologi hybrid.
Kelebihan Topologi Hybrid
  • Freksibel
  • Penambahan koneksi lainnya sangatlah mudah.
Kekurangan Topologi Hybrid
  • Pengelolaan pada jaringan ini sangatlah sulit.
  • Biaya pembangunan pada topologi ini juga terbilang mahal.
  • Instalasi dan konfigurasi jaringan pada topologi ini bisa dibilang cukup rumit, karena terdapat topologi yang berbeda-beda.